by

Acara Pisah Sambut, Pj Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana akan Entaskan Kemiskinan

KULONPROGO, ProgoNews.com – Pisah sambut Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kulonprogo Drs Sutedjo – Fajar Gegana di Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten (pemkab) setempat berlangsung meriah.Dalam prosesi selain kedua mantan bupati dan wabup bersama pasangan masing-masing serta Penjabat Bupati Kulonprogo Drs Tri Saktiyana MSi dan istri yang berjalan dari rumah dinas (rumdin) bupati di Utara Alun-alun Wates menuju lokasi pisah sambut ‘dikawal’ bregada dan pengalungan bunga juga disambut dengan tarian tradisional.

Penjabat (Pj) Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana menjelaskan, program utama selama setahun menjabat sebagai dirinya akan melakukan pengentasan kemiskinan di kabupaten ini. “Permasalahan di Kulonprogo antara lain kemiskinan tapi kabupaten ini juga memiliki potensi yang mampu mengatasi masalah tersebut.

Di antaranya potensi pertanian, industri, perdagangan dan keberadaan Yogyakarta International Airport (YIA),” katanya usai pisah sambut, Minggu (22/5/2022) siang.Tri Saktiyana yakin tidak kurang dari lima tahun, perkembangan di Kulonprogo akan semakin baik. Selain pengentasan kemiskinan, pihaknya juga turut mempersiapkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Hal tersebut sesuai arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana (HB) X.“Dengan demikian, pesta demokrasi di Kulonprogo nanti bisa berjalan demokratis, jujur dan adil,” ungkapnya.Dilantiknya Pj Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana menaruh harapan besar kalangan Kepala dan pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) setempat, Joko Mursito SSn.

Sektor pariwisata di kabupaten ini sedang berkembang, sehingga dengan Pj Bupati Tri Saktiyana yang sebelumnya menjabat Asisten Sekretaris Daerah (Asekda) DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Joko berharap sekaligus yakin Tri Saktiyana akan mengembangkan program yang selaras dengan program-program pariwisata di Kulonprogo.

“Pariwisata di Kulonprogo yang sudah berjalan didukung Pj bupati baru, tentu saya berharap banyak program-program di Pemda DIY bisa digelontorkan ke Kulonprogo sebanyak-banyaknya demi perkembangan dan kemajuan kepariwisataan Kulonprogo demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” harap Joko.Jika harapannya terealiasi tentu strategi pengembangan pariwisata bisa bersinergi dengan kabupaten/ kota lain.“Harapannya pariwisata tidak ada batas, sehingga bisa bersinergi dengan Kabupaten Bantul, Sleman bahkan Purworejo dan Magelang Jawa Tengah,” ujarnya. (Sigit)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.