by

Terkendala Freezer, Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Nakes Kulonprogo Belum Bisa Digelar

ProgoNews.com, WATESGugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo urung melakukan upaya vaksinasi Covid-19 dosis ketiga kepada tenaga kesehatan (Nakes). Musababnya, tempat penyimpanan atau freezer yang dimiliki oleh gugus tugas belum mampu menyimpan vaksin Moderna yang rencananya akan digunakan dalam upaya vaksinasi Covid-19 dosis ketiga kepada nakes.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan vaksin Moderna yang rencananya disuntikkan kepada nakes yang ada di kabupaten Kulonprogo mempunyai perlakuan yang khusus.

Info Terkait

“Vaksin Moderna itu harus disimpan di suhu minus 20 derajat Celcius. Jadi, memang harus dalam bentuk beku,” kata Baning pada Rabu (11/8/2021).

Lebih lanjut, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo saat ini tengah berupaya untuk melakukan modifikasi terhadap salah satu freezer sebagai tempat penyimpanan vaksin yang terdapat di gudang farmasi. Upaya modifikasi agar freezer dapat diatur dengan suhu minus 20 derajat Celcius.

“Perlakuan vaksin Moderna memang berbeda dengan Sinovac maupun AstraZeneca ya. Kalau Sinovac dan AstraZeneca itu bisa disimpan di dalam ruang penyimpanan dengan suhu dua sampai dengan delapan derajat Celcius. Kami tidak menghendaki kualitas vaksin Moderna rusak,” kata Baning.

Selain upaya modifikasi freezer, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo juga tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) kesehatan untuk melakukan vaksinasi dengan vaksin merek Moderna.

“Setelah kita menyiapkan sarananya, SDM juga kita siapkan. Karena teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Moderna sedikit berbeda ya karena beku. Vaksin Moderna ini juga rencananya diperuntukkan untuk ibu hamil,” ujar Baning.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo terus mengebut upaya vaksinasi Covid-19 kepada sejumlah kelompok masyarakat. Berdasarkan catatan dari gugus tugas, angka vaksinasi Covid-19 per Selasa (10/8/2021) telah mencapai 102.169 sasaran.

Angka tersebut dari target sasaran vaksinasi Covid-19 di kabupaten Kulonprogo yang mencapai 376.100 sasaran. Sementara itu, Pelaksana Harian Sekda Kulonprogo Bambang Tri Budi Harsono mengatakan pemerintah kabupaten Kulonprogo terus melakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19.

“Salah satu upaya strategi percepatan vaksinasi di Kulonprogo, yakni pelaksanaan vaksinasi selain 21 puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan, juga melibatkan 13 klinik swasta yang ada di Kulonprogo,” kata Bambang Tri.

Info Lanjutan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed