by

Chiellini Dedikasikan Gelar Piala Eropa 2020 untuk Astori

Roma – Giorgio Chiellini mendedikasikan gelar Piala Eropa 2020 yang diraih Italia untuk mendiang Davide Astori. Astori meninggal pada 2018 akibat serangan jantung.

Italia mampu mengalahkan Inggris 3-2 melalui adu final dalam laga final Piala Eropa 2020 yang digelar di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Laga ini harus ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Italia sempat tertinggal lebih dulu di menit ke-2 akibat gol dari Luke Shaw. Namun, Gli Azzurri mampu bangkit untuk menyamakan kedudukan lewat Leonardo Bonucci di menit ke-67.

Pada babak adu penalti, kiper Italia, tiga penendang Tim Tiga Singa yaitu Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal menjalankan tugasnya. Sementara di kubu Italia, eksekutor mereka yang tak bisa mencetak gol hanya Andrea Belotti dan Jorginho.

Keberhasilan Italia meraih Piala Eropa 2020 mengakhiri puasa gelar di ajang ini selama 53 tahun. Pasalnya, La Nazionale terakhir kali meraih gelar di Piala Eropa adalah pada edisi 1968.

Kapten Italia, Giorgio Chiellini, mendedikasikan gelar ini salah satunya untuk mendiang Davide Astori. Astori merupakan mantan pilar Italia yang meninggal pada 2018 lalu pada usia 31 tahun.

FLORENCE, ITALY - NOVEMBER 10:  Giorgio Chiellini (L) and Davide Astori of Italy chat prior to the training session at Coverciano on November 10, 2015 in Florence, Italy.  (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Giorgio Chiellini dan Davide Astori saat masih membela timnas Italia. (Photo by Claudio Villa/Getty Images) Foto: Claudio Villa/Getty Images

Ia ditemukan tak bernyawa di kamar hotel saat tim Astori Fiorentina akan berhadapan dengan Udinese dalam lanjutan Serie A. Astori sepanjang kariernya bersama timnas Italia telah mengoleksi 14 caps.

Chiellini dan Astori juga pernah merasakan bermain bersama di level klub di Fiorentina. Chiellini pernah dipinjamkan ke La Viola pada rentang 2004-2005.

“Kami menyampaikan dedikasi kepada Davide Astori, kami ingin dia di sini bersama kami. Dia selalu hadir dalam pikiran dan hati orang-orang yang bertemu dengannya,” ujar Chiellini dikutip dari Football Italia.

“Ini adalah tim yang tidak pernah putus asa, bahkan dalam kesulitan, saling mendukung dan mengutamakan kepentingan tim di atas individu.” jelasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed